Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui - Modern Minimalis

Aneka Model Desain Rumah Moderen Minimalis.

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui - atau biasa disebut sebagai rumah Bolon asalnya dari Sumatera Utara. Rumah Bolon merupakan simbol identitas dari orang Batak yang ada di Sumatera Utara. Rumah Bolon dulunya merupakan tempat tinggal bagi raja yang hidup di Sumatera Utara. Raja tersebut antara lain adalah Raja Nagaraja, Raja Ranjinman, Raja Bakkaraja , Raja Batiran, Raja Bonabatu, Raja Baringin, Raja Atian, Raja Rajaulan, Raja Hormabulan, Raja Rahalim, Raja Raondo, Raja Mogam, serta Raja Karel Tanjung.

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui

Rumah Adat Batak yang ada dalam masyarakat Batak terdapat beberapa macam antara lain rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Angkola dan rumah Bolon Pakpak.

Setiap rumah adat Batak memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri
Rumah Adat Batak sekarang ini jumlahnya tinggal sedikit, sehingga beberapa jenis dari rumah adat Batak sudah sulit untuk ditemukan. Rumah bolon kini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Sumatera Utara. Rumah Bolon merupakan salah satu budaya dari Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Rumah Bolon berbentuk persegi empat dengan model rumah seperti pada rumah panggung. Tinggi rumah ini sekitar 1,75 meter dari permukaan tanah, sehingga untuk bisa masuk ke dalam rumah, tamu atau penghuni rumah harus memakai tangga. Tangga rumah Bolon terletak tepat di tengah badan rumah, sehingga untuk berjalan ke tangga harus menunduk. Pada bagian dalam dari rumah Bolon merupakan ruang kosong yang sangat besar dan juga terbuka tanpa ada kamar. Rumah Bolon memiliki atap melengkung di bagian depan serta belakang,  yang memiliki bentuk seperti pelana kuda.

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui 1

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui 2

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui 3

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui 4

Informasi Seputar Rumah Adat Batak Yang Perlu Anda Ketahui 5

Rumah Adat Batak memiliki ciri khas yaitu lantainya terbuat dari bahan papan serta atapnya terbuat dari bahan ijuk atau dari daun rumbia.  Rumah Bolon terbuat dari materi kayu dan tidak memakai paku. Rumah Adat Batak atau rumah Bolon hanya memakai tali untuk menyatukan kayu atau bahan-bahan rumah. Sehingga tali ini harus diikatkan dengan kuat supaya tidak mudah rubuh. Pada bagian badan rumah Bolon ini terdapat ukiran atau gambar yang mempunyai makna kehidupan bagi masyarakat Batak. Demikianlah mengenai Rumah Adat Batak. Semoga bermanfaat